Rabu, 06 Mei 2009

Plagiat ?? yang bner ??


Kemaren ntu lgi heboh2nya lagu-lagu salah satu band pendatang baru sering bgt diobrolin media. Alesannya karena beberapa lagu mereka dianggap mirip sama lagu band luar. N akhirnya ntu band dianggap plagiat deh, penjiplak karya orang. Buntutnya pasti banyak banget orang yang langsung ilfil sma mereka. Kasian yga. . .

Guys, Indonesia udah nelorin berbagai macem2 lagu yang indah. Jumlahnya gak bisa diitung dgn jari, cing !!!, bahkan kalo jai lo lebih dari 20 skalipun !!. Dan law dipikir2 yang punya kemiripan dengan lagu luar negeri sana pastinya bukan 1 atw 2 musisi/band jja. Bisa jadi jauuuuuuh lebih banyak, ya terlepas dari bener atw nggakny mereka meniru orang, ithu urusan mereka. Tapi seenggaknya kita sebagai penikmat musik kudu bisa adil dalam menilai karya musisi, kalo cuma ada beberapa fill yang mirip dijadikan kategori penjiplakan, beuuuhhhh pazti banyak bgt thu musisi kita yg udh nglakuin penjiplakan. . .

Kita seharusnya bisa ngerti kalo hubungan antara musisi thu sling terbuka, saling mempengaruhi. Misalnya Jono demen bgt ma lagu Mamat, kalo tau2 pas Jono bikin sebuah karya yg ternyata ada kemiripan dengan lagu Mamat, ya hal itu sangat wajar. Pengaruh Mamat emg gak bisa dhilangin sama Jono. Ya gimana bisa ilang kalo saban mau tidur, mau mandi, n mau ngpain jja, Si Jono selalu dengerin lagunya Mamat ?. Nah kalo keaadaanya bgitu apakah gra2 intro laguny Jono mirip dg intro laguny Mamat, si Jono bisa dikatakan penjiplak ??Apa iya mesti githu ???

Hal kayak gini udh trjadi d lwr ngri. Oasis dan Blur itu kentel bgt nuansa The Beatles-nya. Coldplay dan Starsailor itu kentel bgt nuansa U2-nya. N lo tw kan intro lagu There She Goes Again dari band sedahsyat Velvet Underground itu miri bgt dg intro lagu Hitch Hike-nya Marvin Gaye ??. Tapi orang2 luar sana nganggepnya band2 ithu sling terinfluence. Gak bisa dipungkiri kalo mmg ada musisi yg sengaja ngembat lagu dg influence yg berlebihan. Dan hal ini gak asik bgt law smpe trjadi. . .

Ngomong2 ttg musisi yg kebablasan ithu, Meeftahzone gak mw komen.Gak usah lantas jadi sebel karena bisa aja si musisi ternyata udah minta ijin sama pncipta lgu asliny d lwr sna. Iya kan ??!!

Guys. . .

Mungkin lewat postingan gw ni, lo smw pda sdar bhwa tdak semw musisi Indonesia adalah plagiat atw penjiplak, coz ithu hanya terinfluence. . .

Hargailah hasil karya anak bangsa. . .

2 komentar:

Albus Shevcelga mengatakan...

ehem..
tumben panjang mip..
entar yeh..
stelah guwe negok biolisin curcuma ples n ckuran pke gillete quarto dg 4 mata pisau cukur..
guwe pun akhirnya menyadari ade yg aneh dg postingan lu kali ini..
hm,..
ape yeh..
apakah krna ley od lu genti..
atow chel ga mnang chempyen..
ya udah..,postingan lu udh ckup bgus kok..
bgus buat di tereakin..
n that's enough 4 a looser like us..
us?
us?
umph..
send me back!

Albus Shevcelga mengatakan...

o iyo..
tntng topik kawu di sisi kanan blog..
aq sih rada interest gitu pas baca soal nya..
eh..
pas baca pilihanya lngsung drop down...
soalnya ga ada chose option bt mike shinoda..
hey!
he is a guitarist too!

Posting Komentar